Media Persentasi
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Media telah dikenal sebagai alat bantu mengajar baik
pada jenjang persekolahan maupun diklat yang seharusnya dimanfaatkan oleh guru
atau instruktur, namun seringkali terabaikan. Tidak dimanfaatkannya media dalam
proses pembelajaran dan pelatihan, pada umumnya disebabkan oleh berbagai
alasan, seperti waktu persiapan mengajar terbatas, sulit mencari media yang
tepat, biaya yang tidak tersedia, atau alasan lain. Hal tersebut sebenarnya
tidak perlu muncul apabila pengetahuan akan ragam media, karakteristik, serta
kemampuan masing-masing diketahui oleh para instruktur.
Media sebagai alat bantu mengajar, berkembang
sedemikian pesatnya sesuai dengan kemajuan teknologi. Semoga media presentasi
ini bisa dilakasanakan oleh semua pendidik meskipun sebagian besar tenaga
pendidik masih ada yang belum bisa membuat media presentasi tapi setidaknya
bisa menerapkan media presentasi di kelas yang telah di sediakan supaya siswa
juga lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Selama ini kebanyakan tenaga
pendidik masih menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran setiap
menyajikan pelajaran, tapi dengan adanya media presentasi ini semoga semua
guru-guru di Indonesia bisa menerapkannya
dengan baik dalam proses pembelajaran maupun dalam melakukan
presentasi-presentasi yang lain seperti seminar, presentasi laporan, dan lain-lain.
Presentasi merupakan salah satu aktivitas yang tidak
bisa dilepaskan dari hampir semua bidang pekerjaan saat ini. Presentasi
dilakukan pada rapat-rapat rutin, rapat kerja, atau rapat tim dan panitia.
Presentasi dilakukan pada saat penyampaian proposal kerja ataupun laporan hasil
pekerjaan tersebut. Presentasi produk untuk melakukan penjualan. Guru mengajar,
dan dosen memberikan mata kuliah pada prinsipnya adalah presentasi. Dengan
adanya media presentasi ini, harapan yang tidak pernah sirna dan selalu guru
tuntut adalah bagaimana bahan pelajaran yang disampaikan guru dapat dikuasai
anak didik secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit yang dirasakan
oleh guru. Kesulitan itu dikarenakan anak didik bukan hanya sebagai individu
dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan
latar belakang yang berbeda. Paling sedikit ada tiga aspek yang membedakan anak
didik satu dengan yang lainnya, yaitu aspek intelektual, psikologis, dan
biologis.
B.
Rumusan Masalah
Dari
latar belakang di atas dapat dirumuskan beberapa masalah, yaitu sebagai berikut
:
1. Apa Pengertian Media Presentasi?
2. Apa Tujuan Dan Manfaat Media Presentasi?
3. Bagaiman Kelebihan Dan Kekurangan Dari Media
Presentasi?
4. Bagaimana Pengaplikasian Media
Presentasi Dalam Pembelajaran?
C.
Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah diatas terdapat beberpa tujuan,
yaitu sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui Pengertian Media
Presentasi.
2. Untuk mengetahui Tujuan Dan Manfaat
Media Presentasi.
3. Untuk mengetahui Kelebihan Dan
Kekurangan Dari Media Presentasi.
4. Untuk mengetahui Pengaplikasian Media
Presentasi Dalam Pembelajaran.
D.
Manfaat
Penulisan
Berdasarkan pembahasan mengenai Media Presentasi maka
manfaat penulisan dapat ditinjau dari dua sisi, antara lain sebagai berikut:
1. Manfaat Teoritis
Hasil diskusi dalam
makalah ini secara teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
dalam memperkaya wawasan mengenai “Media Presentasi”.
2. Manfaat Praktis
Hasil
diskusi ini secara praktis diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran terhadap
pemecahan masalah yang berkaitan dengan
Media dan Teknologi Pembeljaran. Selanjutnya
diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyusunan program pemecahan masalah
mengenai “Media
Presentasi”. Serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan
sehari-hari.
E.
Sistematika
Penulisan Makalah
Pada penyusunan makalah ini kami awali dengan BAB I
yaitu PENDAHULUAN yang berisi: A. Latar Belakang Masalah; B. Rumusan Masalah;
C. Tujuan Penulisan Makalah ; dan D. Manfaat Penulisan; E. Sistematika
Penulisan Makalah;. BAB II PEMBAHASAN , yang berisi A. Pengertian Media
Presentasi; B. Tujuan Dan Manfaat Media Presentasi; C. Kelebihan Dan Kekurangan
Dari Media Presentasi; D. Pengaplikasian Media Presentasi Dalam Pembelajaran;. Dan
untuk BAB III PENUTUP yang berisi: A. Kesimpulan; B. Rekomendasi. Untuk tindak lanjut makalah ini
kami lampirkan lembar DAFTAR PUSTAKA sebagai wujud referensi yang kami lakukan
dalam penyusunan makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Media Presentasi
Media presentasi adalah pesan atau materi yang akan
disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui
perangkat alat saji atau proyektor. Biasanya materi yang disajikan berupa teks,
gambar, animasi dan video yang digabung dalam kesatuan yang utuh. Berkat
keefektifannya dalam penyajian pesan, Maka saat ini media presentasi banyak
diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran. Tentu saja ini bukan
berarti bahwa media presentasi merupakan media yang salah satunya cocok untuk materi dan topik pembelajaran.
Presentasi merupakan salah satu media pernbelajaran.
Penggunaannya yang menempati frekuensi paling tinggi dibandingkan dengan metode
lainnya. Berbagai alat yang dikembangkan, telah memberikan pengaruh yang sangat
besar bukan hanya pada pengembangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi
pembelajaran akan tetapi juga pada teori-teori yang mendasarinya. Perkembangan
terakhir pada bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan
perubahan tuntutan penyelenggaraan pembelajaran. Di antaranya tuntutan terhadap
peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru dalam mengolah bahan-bahan
pembelajaran ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.
Keterampilan melakukan presentasi adalah salah satu
modal untuk berhasil dalam belajar mengajar. Tidak jarang keberhasilan suatu
pembelajaran ditentukan oleh keberhasilan melakukan presentasi. Dalam sebuah
rapat guru misalnya, kepiawaian mengkoordinasikan tim guru sebagian ditentukan
oleh keterampilan presentasi. Mempelajari bagaimana melakukan presentasi yang
efektif akan sangat membantu dalam melakukan pembelajaran. Salah satu program
aplikasi yang handal untuk membuat presentasi adalah MS PowerPoint.
PowerPoint salah satu anggota keluarga dari
Microsoft Office dalam OS Windows. Sejak pertama kali Windows dilucurkan. PowerPoint
sudah disertakan. Versi terbaru dari PowerPoint adalah MS PowerPoint 2003.
PowerPoint 2003 jauh lebih canggih dari pada nenek moyang PowerPoint generasi
pertama yang akan dijelaskan. Menguasai program PowerPoint akan sangat membantu
dalam melakukan presentasi. PowerPoint banyak memiliki kemampuan dan fasilitas.
Semua kemampuan dan fasilitas PowerPoint tersebut harus didayagunakan secara
optimal agar presentasi berjalan efektif. Presentasi yang efektif biasanya menggunakan
PowerPoint. Sekarang sudah banyak penggunaan presentasi multimedia.
Contohnya perangkat lunak software yang digunakan prinsip
kebenaran materi dan menariknya sajian, yaitu sebagai berikut:
a. Materi
yang disajikan harus benar substansinya dan disajikan secara menarik.
b. Teknis penulisan naskah pada media
presentasi. Kegiatan yang kita lakukan pada saat menulis naskah media
presentasi adalah mengurangi materi-materi pokok sesuai dengan tujuan yang
telah ditentukan.
c. Agar materi tersebut dapat dituangkan
kedalam media presentasi dengan baik.
Adapun beberapa teknis yang harus diperhatikan
antara lain:
a. Pengembangan media presentasi seyoganya
mempertimbangkan atau menggunakan secara maksimal segala potensi dan
karakteristik yang dimiliki oleh jenis media presentasi itu.
b. Harus diingat bahwa media presentasi
berfungsi sebagai alat bantu mengajar.
c. Harus dikembangkan sesuai dengan
prosedur pengembangan instruksional.
d. Untuk membuat media presentasi dan
banyak jenis software yang harus dibeli atau didapat misalnya: program visual
basic, makromedia flash, direktor, authorware, dream weaver dan masih banyak
lagi. Diantara banyak jenis software tersebut, salah satunya biasa digunakan
dikalangan pendidik khususnya guru adalah microsoft powerpoint.
Menurut Rayandra Asyhar (2012:177), Langkah-langkah
pengembangan media presentasi untuk pembelajaran. Beberapa hal berikut yang perlu
di pertimbangkan ketika akan mengembangkan media presentasi:
1. Sajikan isi materi secara berurut dan
sistematis agar mempermudah penyajian dan pesan mudah dipahami.
2. Langkah-langkah pembuatan media
presentasi misalnya dengan menggunakan program aplikasi microsoft powerpoint 2003
adapun langkah-langkahnya:
a. Membuka program.
Klik
tombol start kemuadian klik All Program arahkan cursor ke Microsoft Office dan
klik file PowerPoint. Apabila layar computer sudah menampilkan hasilnya, bisa
mulai mempergunkan program PowerPoint untuk memmbuat mendia presentasi.
b. Mulai menulis teks presentasi.
Setelah
jendela PowerPoint (jendela presentasi) muncul, tuliskan teks pada setiap frame
sesuai naskah yang telah dibuat. Untuk membimbing, ada beberapa langkah yang
perlu dilakukan, sebagai berikut:
-
Klik
to add title lalu ketik judul utama naskah yang dibuat > kemudian pilih
jenis dan ukuran huruf (font)nya.
-
Klik
to add subtitle untuk menuliskan subjudul > kemudian pilih jenis dan ukuran
hufur (font).
-
Untuk
memilh jenis dan ukuran huruf, klik kotak font dan pilih jenis huruf (font)
yang disukai (ingat, pilih jenis huruf yang tingkat keterbacaannya tinggi).
Untuk memilih ukuran huruf (font) yang disesuaikan dengan tingkat
keterbacaannya.
c. Memberi warna teks.
Setelah
judul presentasi diketik (dengan warna hitam), sekarang gantilah warna tulisan
judul tersebut dengan warna yang lebih menarik. Adaa beberapa hal yang perlu
dipertimbangkan dalam memilih warna, misalnya tingkat keterbacaan teks,
kekontrasan, dan komposisi. Untuk pemilihan warna, dilakukan langkah-langkah
berikut:
-
Blok
atau klik dengan mouse pada judul yang ditulis.
-
Pilih
warna huruf yang terdapat pada symbol yang ada di bawah layar atau dipanel
disebelah kanan atas.
d. Membuat animasi teks.
Kita
bisa memanfaatkan fasilitas animasi yang ada pada program powerpoint untuk
menambah efek gerakan pada teks atau gambar. Kita bisa mengatur urutan dan
waktu yang ada di program powerpoint. Tapi ingat, jangan terlalu banyak macam
grakan hingga justru mengganggu pesan yang akan disampaikan. Langkah-langkah
membuat animasi teks judul:
-
Klik
teks judul yang ditulis, dengan menggunakan mouse sebelah kanan > dan pilih
custom animation > pilih dan klik pada > maka akan muncul beberapa
pilihan bentuk animasi.
-
Pilih
salah satu jenis animasi, misalnya > klik entrance kemudian pilih salah satu
dari beberapa pilihan, misalnya: > klik dan untuk mencobanya > klik
tombol.
e. Memberi background pada tampilan slide.
Agar
tampilan slide lebih menarik, maka kita dapat member background yang kita
inginkan pada setiap slide yang dibuat. caranya sebagai berikut:
-
Pilih
format yang ada di panel atas, kemudian pilih dan klik pada background sehingga
akan muncul kotak dialog.
-
Setelah
muncul kotak dialog automatic pilih dan
klik pada fill effects, maka akan muncul kotak dialog fill effects, sehingga
kita dapat memilih background untuk: (fill effects gradient, texture, pattern
dan picture).
-
Apabila
kita ingin menggunakan background berupa foto atau gambar yang telah disiapkan,
maka pilih dan klik picture pada kotak dialog fill effects.
-
Setelah
kotak dialaog fill effects muncul, lalu: klik kotak pilih dan cari folder dimana gambar atau foto tersimpan. Misalnya,
jika gambar atau fotonya tersimpan difolder my document, maka klik my document
cari gambar yang disimpan, lalu klik gambar yang dipilih klik insert kemudian klik
OK.
-
Terakhir,
klik OK sehingga layar slide presentasi akan memiliki background sesuai gambar
yang dipilih.
f. Masukkan gambar dengan teknik insert.
Kita
bisa memasukan gambar pada slide presentasi dengan cara menggunakan fasilitas
insert. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
-
Arahkan
mouse pada toolbar > pilih insert > arahkan mouse pada picture klik from
file…
-
Apabila
picture diambil dari file my document > klik file tersebut > klik insert
maka gambar yang kita pilih akan muncul dilayar presentasi.
g. Memasukkan video dengan teknik insert.
Langkah-langkahnya
sebagai berikut:
-
Kita
dapat klik insert > kemudian klik movie and sound > dan klik movie from
file > kalau kita menyimpannya di my document, maka klik my document >
kemudian cari file video yang disimpan misalkan klik pada pilih video > klik
OK > klik automatically maka video yang diinginkan itu dapat dilihat
dipresentasi yang telah dibuat.
h. Membuat hyperlink pada media presentasi.
Agar
presentasi yang dibuat terlihat lebih menarik dan interaktif, kita bisa
memanfaatkan fasilitas action button pada program power point. Dengan
menggunakan fasilitas ini maka media presentasi yang dibuat akan menyerupai
multimedia interaktif. Untuk memanfaatkan hyperlink maupun action button, kita
dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
-
Buat
desain tampilan dalam bentuk tombol (button), lalu kita ketik masing-masing
topik atau sub topik yang akan
diuraikan. Setelah selesai.
-
Klik
tombol (button) atau blok pada kalimat yang akan dihubungkan (di link) dengan
mouse kemudian klik insert pada panel toolbar di atas klik hyperlink pilih slide yang dituju klik OK.
-
Setelah
mengklik OK, maka tombol (button) atau kalimat yang mempergunakan hyperlink
akan terlihat ada garis dibawahnya.
-
Untuk
mengaktifkan hyperlink, tekan Shift+F5 pada keyboard arahkan mouse pada tombol
(button) atau kalimat yang bergaris bawah ketika muncul gambar tangan sedang
“menunjuk” maka klik pada tombol (button) atau kalimat yang kita buat sudah
terhubung dengan penjelasan yang ada di slide yang di link-kan atau
dihubungkan.
i.
Pastikan
bahwa materi yang ditulis telah cukup lengkap,jelas dan mudah dipahami oleh
peserta.
j.
Tuangkanlah
pesan-pesan yang akan disajikan dalam bentuk teks (kata-kata), gambar, animasi
dan lain-lain.
k. Identitas bahan-bahan tersebut untuk
diseleksi mana yang sesuai dengan karakteristik media presentsi.
l.
Siapkan
materi yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. ü
Tetukan topik sesuai dengan materi yang disampaikan.
B.
Tujuan dan manafaat presentasi
·
Tujuan
media berbasis presentasi adalah sebagai berikut:
1. Menginformasikan: presentasi berisi
informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Presentasi semacam ini
sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas (clear) sehingga orang
dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi
yang diberikan tersebut.
2. Meyakinkan: presentasi berisi informasi,
data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga menyakinkan orang atas
suatu topik tertentu. Kontradiksi dan ketidakjelasan informasi dan penyusunan
yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang
diberikan.
3. Membujuk: presentasi yang berisi
informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis agar orang mau
melakukan suatu aksi atau tindakan. Presentasi dapat berisi bujukan, atau
rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orang merasa tidak ragu dan
yakin untuk melakukan suatu tindakan.
4. Menginspirasi: presentasi yang berusaha
untuk membangkitkan inspirasi orang.
5. Menghibur: presentasi yang berusahan
untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan.
·
Manfaat
media berbasis presentasi adalah sebagai berikut :
a. Memperjelas pesan agar tidak terlalu
verbalistis.
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga
dan daya indra.
c. Menimbulkan gairah belajar,interaksi
lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
d. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai
dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
e. Memberikan rangsangan yang
sama,mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
f. Proses pembelajaran mengandung tujuh
komponen, guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa
(komunikan), dan tujuan pengajaran, sarana dan prasarana, evaluasi.
C.
Kelebihan dan kekurangan media presentasi
Pembuatan media presentasi sangat penting bagi para
guru dalam proses belajara-mengajar, guru tidak lagi harus menulis di papan
tulis melainkan cukup dengan menampilkan media presentasinya yang telah dibuat
di powerpoint. Media presentasi memiliki kelebihan dan kekurangan.
a. Kelebihan media presentasi adalah :
1. Dapat menyajikan teks, gambar, foto,
animasi, audio dan video sehingga lebih menarik.
2. Dapat menjangkau kelompok banyak.
3. Tempo dan cara penyajiannya bisa
disesuaikan.
4. Penyajiannya masih bisa bertatap muka.
5. Dapat digunakan secara berulang-ulang.
6. Bahan materi-materinya mudah didapat dan
pembuatannya tidak terlalu rumit sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan
biaya pembuatannya.
b. Kekurangan atau kelemahan media
presentasi,sebagai berikut:
1. Ketergantungan arus listrik sangan
tinggi.
2. Media pendukungnya (komputer dan LCD)
cukup mahal.
3. Penggunaan media ini sangat tergantung
pada penyaji materi (penyaji harus menguasai betul materinya).
4. Masih sangat terbatas guru yang mampu
membuat media presentasi.
5. Disajikan hanya dalam bentuk teks dan
kebanyakan hanya berbentuk animasi-animasi gambar saja.
D.
Pengaplikasiaan Media Presentasi dalam Proses
Pembelajaran.
Media berbasis presentasi khususnya power point
digunakan pada fase dua sampai fese ke empat yang dilakukan pada kegiatan inti
atau pada pertengahan pemebelajaran. Media presentasi yang banyak digunakan
saat ini adalah Presentasi Power Point ini adalah bentuk yang paling sederhana
dan paling mudah dan paling praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh
kebanyakan pembicara, baik pembicara seminar, workshop, dan juga guru di kelas.
Hendaknya, setiap guru paling tidak mempunyai
kemampuan untuk membuat materi ajar dalam bentuk presentasi PowerPoint ini,
yaitu:
1. Guru menampilkan tugas-tugas rumah pada
slide supaya siswa lebih cepat menyalin dan guru tidak lagi capek menuliskan
tugas-tugas tersebut.
2. Guru menampilkan soal-soal yang akan
diberikan kepada siswa supaya guru tidak lagi menulis di papan tulis soal
latihan tersebut.
3. Kegiatan awal : Guru mengecek persiapan
siswa.
4. Kegiatan inti :
a. Mendemonstrasikan pengetahuan:
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c. Power Point memberikan fasilitas yang
cukup hebat untuk membuat media ajar. Media presentasi dalam proses
pembelajaran di gunakan pada setiap fase-fase pembelajran yaitu pada kegiatan
awal, kegiatan inti da kegiatan penutup. Contohnya pada model pembelajaran
direct intraction ( pembelajaran langsung).
5. Penutup :
a. Guru memberikan tugas dirumah.
b. Guru menjelaskan tentang materi yang
akan diajarkan Membimbing pelatihan.
c. Guru memotivasi siswa, caranya dengan
menampilkan gambar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Media presentasi adalah pesan atau
materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan
disajikan melalui perangkat alat saji atau proyektor. Biasanya materi yang
disajikan berupa teks, gambar, animasi dan video yang digabung dalam kesatuan
yang utuh. Berkat keefektifannya dalam penyajian pesan, Maka saat ini media presentasi
banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran.
2. Tujuan dan manfaat media berbasis
presentasi adalah sebagai berikut:
Tujuan media
berbasis presentasi:
a. Menginformasikan.
b. Meyakinkan.
c. Membujuk
d. Menginspirasi.
e. Menghibur.
Manfaat media berbasis
presentasi:
1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu
verbalistis.
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu
tenaga dan daya indra.
3. Menimbulkan gairah belajar, interaksi
lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai
dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
5. Memberikan rangsangan yang
sama,mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
6. Proses pembelajaran mengandung lima
komponen, guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa
(komunikan), dan tujuan pengajaran.
3. Kelebihan dan kekurangan media
presentasi, yaitu sebagai berikut:
Kelebihan media
presentasi adalah :
Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio
dan video sehingga lebih menarik. Dapat menjangkau kelompok banyak. Tempo dan
cara penyajiannya bisa disesuaikan. Penyajiannya masih bisa bertatap muka.
Dapat digunakan secara berulang-ulang. Bahan materi-materinya mudah didapat dan
pembuatannya tidak terlalu rumit sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan
biaya pembuatannya.
Kekurangan atau
kelemahan media presentasi,sebagai berikut:
Ketergantungan arus listrik sangan tinggi. Media
pendukungnya (komputer dan LCD) cukup mahal. Penggunaan media ini sangat
tergantung pada penyaji materi (penyaji harus menguasai betul materinya). Masih
sangat terbatas guru yang mampu membuat media presentasi. Disajikan hanya dalam
bentuk teks dan kebanyakan hanya berbentuk animasi-animasi gambar saja.
4. Pengaplikasiaan Media Presentasi dalam
Proses Pembelajaran
Media presentasi yang banyak digunakan saat ini
adalah Presentasi Power Point Ini adalah bentuk yang paling sederhana dan
paling mudah dan paling praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh
kebanyakan pembicara, baik pembicara seminar, workshop, dan juga guru di kelas.
Hendaknya, setiap guru paling tidak mempunyai kemampuan untuk membuat materi
ajar dalam bentuk presentasi Power Point tersebeut.
B.
Rekomendasi
Penulisan makalah
ini memiliki manfaat yang sangat mendalam, adapun rekomendasinya ditujukan
kepada:
1. Mahasiswa
STAI Al-Musaddadiyah yang sedang mempelajari Mata Kuliah Media dan Teknologi
Pembelajaran.
2. Dosen-dosen
yang sedang memperdalam Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran.
3. Rekan-rekan
seperjuangan dan rekan kelompok yang telah turut berpartisipasi dalam membagi
wawasan ilmunya serta kelompok yang telah menyelesaikan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Rayandra
Asyhar (2012), Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran, Jakarta: Referensi.
http://www.slideshare.net/ambarlestari/pembelajaran-berbasis-presentasi
Komentar
Posting Komentar